Monday 14 July 2014

Perbedaan Siskom dengan TI

Computer Engineering (CE) (Jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer)

Sistem Komputer sendiri lebih ke arah hardware,  di sini kita akan menemui cara-cara dan teknik membuat hardware komputer, kita akan menemukan caranya membuat compiler dan bagaimana suatu program dapat berjalan jika di double klik, serta hal mendetail lainnya.
Jurusan ini menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasi sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware.



Seorang sarjana Sistem Komputer adalah seseorang yang mampu merancang, menganalisis, mengimplementasikan, meningkatkan kinerja serta mengelola sistem komputer atau aplikasi berbasis mikroprosesor dan komputer dengan menggunakan teknologi yang ada untuk keperluan komersial dengan memanfaatkan pengetahuan basic science, keterampilan rekayasa, penguasaan teknologi terkini dan analisis tekno ekonomi

Teknik komputer (disebut juga teknik sistem komputer) adalah suatu disiplin khusus yang mengkombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer. Seorang teknisi komputer adalah teknisi elektro arus lemah yang lebih berfokus pada sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika sebagai bagian dari komputer secara menyeluruh. Dari kacamata ilmu komputer, seorang teknisi komputer adalah seorang arsitek perangkat lunak yang memiliki fokus pada interaksi antara perangkat lunak dan program serta komponen perangkat keras pendukungnya. 



Teknik Komputer/Sistem Komputer/Teknologi Informasi sama-sama ketiganya mempelajari ttg hardware. Masuk ke fakultas teknik di bawah naungan jurusan teknik elektro. Gelarnya S.T. Yang ada jurusan ini (PTN di Jawa: UI, UGM, ITB, UNDIP, IPB (D3), UB, ITS)


Teknik Informatika
Informatika adalah suatu disiplin ilmu yang menangani proses analisis, perancangan dan implementasi software serta pemilihan hardware yang sesuai bagi suatu aplikasi menggunakan prinsip logika dan teknik algoritma, yang secara efisien mentransformasikan problem dunia nyata ke dalam bentuk solusi.






mempelajari ttg software, pemrograman. Masuk ke fakultas MIPA, kecuali di UI mempunyai Fakultas Ilmu Komputer. Gelarnya S.Kom
Yang ada jurusan ini (PTN di Jawa: UI, UGM, ITB, UNDIP, UNPAD, UNSOED, UNS, IPB, UB, ITS)


sumber : http://hegie4689.wordpress.com/2011/03/31/perbedaan-antara-teknik-informatika-teknologi-informasi-sistem-informasi-sistem-komputer-dan-software-engineering/ 
http://siskom.undip.ac.id/

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys